Diskusi Rutin Bidang Hukum Kerjasama Dengan TVRI Makassar

Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan juga menjalin kerjasama dengan Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (LPP TVRI) Makassar untuk menggelar acara diskusi rutin mengenai persoalan hukum.

Tercatat sudah dua kali TVRI Makassar menayangkan diskusi hukum dengan Kejati Sulsel, yaitu pada 17 Maret 2017 dalam acara Ruang Publik. Sebagai narasumber Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel Jan S Maringka bersama dengan Dekan FH Unhas Makassar membahas tentang Reformasi Kejaksaan dalam Sistem Hukum Nasional. Selanjutnya pada 9 Mei 2017, Kajati Sulsel sebagai narasumber dalam dialog Ranah Hukum tentang Tim Kerja Waspada Daerah Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam kedua forum diskusi tersebut, Kejati Sulsel menyampaikan mengenai berbagai hal yang telah dilakukan oleh Kejaksaan dalam rangka mewujudkan penegakan hukum yang profesional, modern dan akuntabel.

Selain itu disebutkan juga upaya Kejaksaaan dalam membangun sinergitas dengan pemerintah dan para pemangku kepentingan terkait seperti kalangan perguruan tinggi dan elemen masyarakat guna mensukseskan program reformasi penegakan hukum yang telah dicanangkan oleh Pemerintah.

Dalam era keterbukaan informasi seperti saat ini, maka penampilan publik (public appearance) merupakan aspek penting sebagai wujud akuntabilitas bagi setiap insitutsi pemerintah dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Penampilan publik yang baik dapat berfungsi sebagai etalase organisasi dalam meemberikan persepsi positif tentang citra organisasi tersebut di mata masyarakat. Sebaliknya, berbaagai penelitian menunjukkan bahwa rendahnya tingkat kepercayaan terhadap sebuah institusi pemerintah tidak jarang disebabkan karena tidak tersosialisasikannya dengan baik berbagai kegiatan dan langkah yang telah dilakukan oleh institusi tersebut dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sejalan dengan hal tersebut, maka keberadaan media televisi merupakan sarana yang strategis dalam upaya penampilan publik merupakan sarana hubungan masyarakat (public relation) yang tepat dalam upaya mengkomunikasikan dan memberikan informasi mengenai langkah dan kebijakan yang telah dilakukan, sehingga pada gilirannya dapat meningkatkan dukungan dan kepercayaan publik terhadap institusi penegak hukum.