IAD Wilayah Sulut Menggelar Gerakan Indonesia Bersih

Jumat (26/4/2019) Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Utara (Sulut) M. Roskanedi, SH yang juga selaku Pengawas Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD)  Wilayah Sulawesi Utara mendukung kegiatan Program Indonesia Bersih dan Pelaksanaan program Kerja Bidang Sosial Budaya Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Lingkungan  Wilayah Sulawesi Utara yang dipusatkan di Kawasan Pantai  Megamas Manado.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Wilayah Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara tersebut dibuka oleh  Ketua IAD Wilayah Sulut  Ny. Soraya Djamin Roskanedi dan diikuti oleh seluruh pengurus dan anggota IAD Wilayah Sulut dan Kejari Manado, para Asisten, Kabag Tata Usaha, para koordinator, para Pejabat Eselon IV, V dan seluruh pegawai Kejati Sulut dan Kejari Manado, Para Kepala Kejaksaan Negeri se-Sulawesi Utara, dan para wartawan baik cetak maupun elektronik.

Kegiatan dimaksud sebagai tindak lanjut dari surat Ketua Umum Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Pusat Kejaksaan Agung R.I nomor : B-018/Sekr/IAD.01/II/2019 tanggal 28 Februari 2019 perihal  Pelaksanaan Program Indonesia Bersih.

Dalam sambutannya Kajati Sulut selaku Pengawas IAD Wilayah Sulut mengatakan dalam rangka mendukung program Indonesia Bersih dan Pelaksanaan program Kerja Bidang Sosial Budaya IAD Pusat, juga mendukung program Nasional gerakan Indonesia bersih sampah 2020, saya selaku Kajati mengucapkan terima kasih kepada seluruh pegawai Kejati Sulut dan Kejari Manado yang secara sukarela datang ditempat ini dan secara sukarela membantu ibu-ibu memunggut sampah khususnya plastik. Saya bangga kita bisa bersama-sama untuk melaksanakan kegiatan ini karena saya melihat ukurannya sampah yang banyak disekitar sini terutama di pinggiran pantai. Mudah-mudahan kegiatan ini juga terus berlanjut bukan hanya diluar kantor tapi di kantor kita sendiri juga harus bersih.

Selain itu, Ketua IAD Wilayah Sulut Ny. Soraya Djamin Roskanedi dalam sambutannya mengatakan kegiatan yang kita hadiri bersama pada hari ini dalam rangka mendukung dan mewujudkan Program Indonesia Bersih dan Pelaksanaan program Kerja Bidang Sosial Budaya Ikatan Adhyaksa Dharmakarini tentang  Lingkungan Hidup  Berkoordinasi dengan Dinas. Kegiatan ini juga bagian dari gerakan revolusi mental yaitu Organisasi aksi solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE). Tujuan kegiatan ini adalah memebrikan motivasi dan dorongan kepada kita semua kususnya serta masyarakat pada umumnya agar semakin peduli dalam menjaga lingkungannya melalui berbagai upaya bersama dan tindakan nyata dengan sasaran mencakup kesehatan, sarana pemerintah, infrastruktur, sarana milik swasta maupun lingkungan di masyarakat.

Selanjutnya Ny. Soraya Djamin Roskanedi mengatakan pengendalian sampah bukan hanya melalui proses daur ulang tetapi mengurangi timbunan sampah plastik juga merupakan salah satu cara untuk mengatasinya. Sudah saatnya kita memikirkan kelanjutan lingkungan dengan memperhatikan sampah yang kita hasilkan.

Saya berharap kita semua  dapat lebih peka untuk berbaur dan memiliki rasa empati terhadap lingkungan sekitar dengan memulai dari tindakan-tindakan yang sederhana, karena perubahan besar selalu dimulai dari tindakan-tindakan sederhana yang dilakukan secara terus menerus.

Acara dimulai pukul 06.30 wita sampai selesai dengan berbagai kegiatan, yaitu:

– Senam pagi bersama,

– Acara Pembukaan oleh Ketua IAD Wilayah Sulut ditandai dengan penyerahan peralatan bersih sampah, yang secara simbolis diserahkan oleh Ketua IAD Wilayah Sulut didampinggi Kajati Sulut kepada Ny. Jackly Pitoy yang mewakili IAD Wilayah Sulut dan Mas’ud, SH, MH yang mewakili Pegawai Kejati Sulut.

– Kegiatan memungut sampah yang diikuti oleh seluruh peserta yang hadir didaerah  pantai dan sekitarnya. Selanjutnya sampah yang  dikumpulkan dimasukan dalam karung dan diangkut oleh mobil ke tempat pembuangan sampah

– Acara puncak Hiburan dan doorprize.

Click to view slideshow.