Jaksa Penyidik Kejari Sabang Tetapkan Dua Tersangka Dugaan Korupsi Review Design Pelabuhan Balohan Sabang

Penyidik Kejaksaan Negeri Sabang telah menetapkan dua tersangka dalam kasus korupsi Review Design Terminal Pelabuhan Balohan Sabang tahun anggaran 2016. Kedua tersangka adalah T Harri Kurniansyah dan Tajuddin. Harri Kurniansyah merupakan PPK BPKS pada 2016. Sementara Tajuddin adalah Direktur PT Betel Indonesia, rekanan proyek Review Design Terminal Pelabuhan Balohan Sabang tersebut.
Kasi Pidsus Kejari Sabang menyebutkan bahwa pihaknya menemukan indikasi ada rekayasa di tingkat lelang.

Untuk diketahui, penyidikan kasus ini memang telah dilakukan sejak 2018 lalu. Penyidik menemukan fakta bahwa pada 2016 lalu BPKS menganggarkan dana senilai Rp 730 juta untuk paket jasa konsultan pembuatan Review Design Terminal Pelabuhan Balohan.

Paket ini dimenangkan PT. Batel Indonesia dengan nilai kontrak Rp 649 juta lebih. Belakangan terindikasi bahwa hasil dari perencanaan alias review design tersebut, nyaris sama dengan desain yang sudah pernah ada, yang membedakan hanya beberapa penambahan desain gedung saja Sementara yang lainnya masih tetap seperti desain awal, misal gambar dermaga yang sama persis. Dari sana, diduga pembiayaan yang dikeluarkan sesungguhnya tak mencapai nominal yang dianggarkan oleh BPKS.

Sumber : Kejaksaan Tinggi Aceh