Kajati Sulut Pimpin Langsung Rapat Pemaparan TP4D Kejati Sulut Dengan BPJN XV Manado

Selasa  23 April 2019 pukul 10.00 Wita Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Utara (Sulut) M. Roskanedi, SH memimpin Rapat Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejati Sulut dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XV Manado bertempat di Aula Kejati Sulut.

Rapat dilaksanakan sebagai tindak lanjut permohonan Kepala Balai  BPJN XV Manado kepada TP4D Kejati Sulut dengan surat nomor : PW.04.01-Bb.15/261 tanggal 25 Maret 2019 perihal Permohonan Pengawalan dan Pengamanan TP4D Kejati Sulut terhadap pelaksanaan paket- paket pekerjaan tahun anggaran 2019 pada BPJN XV  Manado.

Rapat dihadiri Wakajati Sulut Andi M. Iqbal Arief, SH, MH, Asisten Intelijen (Asintel)  Stanley Y. Bukara, SH, Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara (Asdatun) Jurist Precisely, SH, MH, TP4D Kejati Sulut dan para Kasi Intel Kejari se-Sulut sedangkan dari BPJN XV Manado dihadiri Kepala BPJN XV Manado Triono Junoasmono, Ph.D, para Kasatker, PPK dan pejabat struktural pada BPJN XV Manado yang jumlahnya kurang lebih 130 orang.

Dalam sambutannya, Kajati Sulut menyampaikan beberapa hal yang harus dilakukan TP4D dan pemohon untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dilapangan. Hal tersebut harus diketahui dari  ruang lingkup TP4D sesuai Peraturan Jaksa Agung RI No. 014 Tahun 2015, meliputi:

– Pencegahan  (preventif)

– Pendampingan Hukum.

– Koordinasi dengan APIP

– Monitoring dan evaluasi

– Penegakan Hukum (Represif).

Dimana TP4D melakukan pengawalan terhadap kegiatan/proyek Strategis Nasional pada Kementrian, BUMN dan BUMD yang ada di Propinsi Sulut tahun 2019.

Selanjutnya Kajati Sulut mengatakan permohonan yang yang kita terima sesuai aturan kita tindakanjuti pada hari ini dengan  pemaparan oleh instansi Pemohon tentang history kegiatan sehingga kita bisa lakukan hal-hal yang perlu pendampingan hukum

Untuk kegiatan pencegahan dapat diberikan pendampingan melalui Bidang Datun dan penerangan/penyuluhan hukum terkait dengan tertib administrasi dan pengelolaan keuangan negara.

Dalam pendampingan, TP4D dapat meminta bantuan ahli fisik maupun keuangan untuk menghitung hasil pekerjaan dan bila ada penyimpangan diserahkan ke APIP untuk menindaklanjuti temuan tersebut.

Diakhir sambutannya Kajati Sulut berpesan agar kita lakukan tugas dengan tertib sesuai SOP yang ada, hindari hal-hal yang negatif agar tidak tercoreng institusi kita.

Selanjutnya Kepala BPJN XV Manado menyampaikan bahwa berdasarkan hasil pendampingan TP4D Kejati Sulut Tahun 2018 sangat bermanfaat bagi BPJN XV Manado. Tidak hanya dari segi pencegahan monitoring namun untuk pembelajaran bagi kita  semua. Baik kami kasatker maupun dari bidang jasa karena TP4D sangat detail dan membantu dalam menyelesaikan pekerjaan. Mudah-mudahan di Tahun 2019 kami targetkan tidak ada pekerjaan yang diluncurkan di tahun 2020 karena target yang diharapkan dari pimpinan tahun 2019 senua tuntas. Sehingga dipemerintahan yang baru nanti betul-betul kita bicara ditahun 2020.

 

Selesai pembukaan dilanjutkan dengan pemapàran paket-paket pekerjaan dari Kasatker yang ada di BPJN XV Manado yang akan dilaksanakan, yaitu pekerjaan jalan dan jembatan. Pemaparan dipimpin langsung oleh Kepala BPJN XV Manado dengan menyampaikan masalah fisik pekerjaan dan alasan BPJN XV meminta pendampingan dari TP4D Kejati Sulut.

Bahwa dari 59 paket pekerjaan yang ada di BPJN XV Manado, sebanyak 35 paket yang dimintakan pendampingan TP4D Kejati Sulut.

Terhadap pemaparan paket pekerjaan tersebut, TP4D Kejati Sulut yang dipimpin Asintel selaku Ketua TP4D dapat menerima permohonan  pendampingan dari BPJN XV Manado yang sebelumnya memberikan tanggapan, pertimbangan dan masukan kepada pihak satker.

Bahwa tindak lanjut dari  pendampingan terhadap paket pekerjaan dari BPJN XV Manado maka Kajati Sulut langsung membentuk Tim yang diketuai oleh masing-masing  koordinator pada kejati Sulut dengan melibatkan Kasi Intel di Kejari-kejari untuk melakukan pengawalan dan pengamanan masing-masing paket pekerjaan yang dimintakan. (yon/gus)