KEJATI ACEH RAIH PERINGKAT 5 TERBAIK DI INDONESIA

Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh berhasil meraih peringkat lima sebagai lembaga berkinerja baik dalam penanganan perkara tindak pidana khusus, terutama korupsi. Penetapan itu berdasarkan hasil penilaian Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung RI sejak Januari hingga November 2018.D ari lembaran hasil penilaian yang ditandatangani Kepala Bagian Sunproglapnil pada Sekretariat Jampidsus Kejagung RI, Nurcahyo Jungkung Madyo menunjukkan posisi pertama Kejati berkinerja baik diraih Kejati Gorontalo, kedua Kejati Jambi, ketiga Kejati Jatim, keempat Kejati Sumatera Utara, dan kelima Kejati Aceh.

Sementara DKI Jakarta menduduki rangking enam dari 31 Kejati di Indonesia. Sedangkan Kejati berkinerja rendah atau rangking terakhir diraih Kejati Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Ini prestasi yang membanggakan bagi kita di tengah serba kekurangan. Selama ini kita kurang personel dan kurang sarana prasarana, tapi kita bisa berprestasi. Ini merupakan hasil kerja keras, kerja cerdas, dan tentu berkat dukungan semua pihak, termasuk media,” kata Kajati.

Untuk diketahui, Jampidsus Kejagung RI setiap tahun menilai kinerja Kejati se-Indonesia dalam penanganan perkara tindak pidana khusus. Jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, prestasi Kejati Aceh tahun ini jauh lebih baik. Tahun 2017 Kejati Aceh hanya menduduki rangking 8, tahun 2016 rangking 13, dan tahun 2015 rangking 20. Secara umum, yang menjadi penilaian Jampidsus adalah seberapa banyak penanganan perkara tindak pidana khusus dalam satu tahun, tingkat keberhasilan penyelesaian perkara, kecepatan dalam menyusun laporan, tingkat keakuratan data, penyerapan anggaran, dan lain-lain.

Dari data capaian kinerja Kejati Aceh periode Januari-November 2018 disebutkan perkara di tingkat penyelidikan sebanyak 77 kasus, penyidikan sebanyak 39 perkara, penuntutan 22 perkara dari Kejaksaan dan 21 perkara dari kepolisian, serta eksekusi 38 perkara. Sedangkan uang negara yang diselamatkan senilai Rp 12.679.999.352.

Sumber : Kejaksaan Tinggi Aceh