Kejati Sulsel Luncurkan Program Jaksa Menyapa

Bekerjasama dengan Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Makassar, Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan melaunching program Jaksa Menyapa pada 16 Maret 2017 di Stasiun RRI Makassar.

“Program Jaksa Menyapa ini dikemas dalam forma diskusi interaktif sehingga terjadi komunikasi dua arah dan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk bertanya langsung terkait berbagai persoalan hukum,” ujar Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati Sulsel Salahuddin.

Salahuddin menjelaskan, untuk menumbuhkan kesadaran serta mendukung kebijakan penegakan hukum yang diambil oleh insitusi Kejaksaan maka diperlukan langkah aktif guna menjangkau berbagai lapisan masyarakat. Hal itulah yang kemudian menjadi latar belakang tercetusnya ide program Jaksa Menyapa.

“Untuk itu, kehadiran program ini diharapkan dapat memberikan informasi secara tepat dan akurat kepada masyarakat dalam menyikapi berbagai isu penegakan hukum baik di tingkat lokal maupun nasional,” ujarnya.

Program Jaksa Menyapa ini juga bertujuan untuk mewujudkan kehadiran institusi Kejaksaan dalam membantu penyelesaian permasalahan-permasalahan hukum yang dihadapi oleh masyarakat dalam kehidupan sehar-hari.

Dengan memanfaatkan jaringan radio RRI yang mampu menjangkau sampai ke daerah-daerah terpencil diharapkan program ini dapat menjadi strategi baru dalam memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat.

Program ini memperoleh tanggapan yang baik dari berbagai kalangan masyarakat. Terbukti dengan berjalannya program-progam serupa oleh berbagai Kejaksaan Negeri di wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.