Kejati Sumut Peringati HUT PJI yang ke-25

oleh

Medan, Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) yang ke-25 di halaman kantor Kejatisu Jalan AH Nasution Medan, Jumat (29/6). Upacara dipimpin langsung Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Dr. Bambang Sugeng Rukmono dan Pemimpin Upacara M. Yusuf.

Upacara peringatan HUT PJI juga diikuti Aspidum Edyward Kaban, Asisten Pembinaan Akmal Abbas, Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara Munasim, Asisten Pengawasan Tambok Nainggolan, Asintel Leonard Simanjuntak, Aspidsus yang juga Ketua PJI Sumut Agus Salim, Koordinator dan Kabag TU, Kepala Kejaksaan Negeri Belawan Yusnani beserta jajarannya, Kajari Medan Olopan Nainggolan beserta jajarannya, para Kasi dan Jaksa Fungsional serta Tata Usaha Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.

Setelah pembacaan sejarah PJI yang sebelumnya pernah bernama Persaja, lalu diadakan Munaslub tanggal 25 Maret 2009 dimana nama Persaja diganti dengan PJI. Acara dilanjutkan dengan pembacaan Doktrin Kejaksaan Tri Krama Adhyaksa; Satya, Adhi dan Wicaksana.

Amanat Jaksa Agung dalam rangka peringatan HUT PJI yang dibacakan Kajatisu Bambang Sugeng Rukmono menyampaikan, sebagai sebuah organisasi profesi yang juga menjadi wadah tempat berhimpunnya para Jaksa, di samping guna memupuk jiwa korsa dengan semangat kebersamaan, kesatuan dan persatuan, memperkokoh kesetiakawanan, meningkatkan integritas dan profesionalisme Jaksa ini tentunya sangat dibutuhkan dalam upaya pelaksanaan tugas sebagai penegak hukum.

“HUT PJI tahun ini mengusung tema ‘Menjaga Harkat dan martabat Profesi untuk Memperkuat Konstitusional Institusi Kejaksaan’, adalah sebuah tema yang kontekstual dan relevan mengingat kedudukan Kejaksaan dalam konstitusi yang masih perlu diperjelas posisi dan tempatnya dalam tatanan ketatanegaraan kita,” katanya.

Dalam situsasi dan kondisi seperti sekarang, lanjutnya organisasi PJI hendaknya mampu menjadi motor penggerak yang terus aktif menggulirkan semangat perjuangan terwujudnya ruang pengaturan peran, posisi dan kedudukan yang tegas, eksplisit dan jelas bagi Kejaksaan dalam susunan ketatanegaraan, sesuai harapan kita bersama.

setelah upacara peringatah HUT PJI usai, acara dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Kajatisu Bambang Sugeng Rukmono dan Ketua PJI Sumut Agus Salim serta pengguntingan pita sebagai pertanda diresmikannya sekretarian PJI Sumut di kantor Kejati Sumatera Utara.

Sumber : Kejati Sumut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *