Menang Praperadilan, Kejati Sulselbar Periksa Bupati Takalar Senin Depan

oleh

(JaksaMenyapa.com) Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi selatan dan Barat, Jan S. Maringka mengapresiasi hasil putusan Pengadilan Negeri Makassar yang menolak permohonan praperadilan Bupati Takalar, Burhanuddin Baharuddin.

Ia menyampaikan bahwa kemenangan tim penyidik atas dua gugatan praperadilan yang diajukan dalam perkara tindak pidana korupsi yang saat ini ditangani oleh Kejati Sulsel, membuktikan seluruh proses penyidikan maupun penetapan tersangka telah dilakukan secara professional dan akuntabel

“Kami menyampaikan apresiasi kepada jajaran Pengadilan atas kesamaan persepsi dan semangat yang sama yang telah terbangun dalam upaya pemberantasan tindak pidana korupsi di wilayah Sulselbar” kata Jan S Maringka dalam rilisnya.

Pasca putusan praperadilan tersebut, Jan memastikan akan melakukan pemanggil kembali tersangka dalam pemeriksaan yang dijawalkan pada Senin (6/11/2017) mendatang.

Pemanggilan itu untuk dimintai keterangan dalam perkara yang diduga menimbulkan kerugian keuangan negara sebesar lebih dari Rp. 17 Milyar tersebut.

Sebelumnya, Hakim Pengadilan Negeri Makassar menolak praperadilan yang diajukan Bupati Takalar, Burhanuddin Baharuddin atas penetapan dirinya sebagai tersangka .

Burhanuddin ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi penjualan lahan milik negara di Desa Laikang, kecamatan Mangaragombang.

Hal itu disampaikan hakim tunggal , Rianto Adam Ponto dalam sidang pembacaan putusan di Pengadilan Negeri Makassar, Selasa (31/10/2017).

Rianto Ada Ponto menyampaikan menolak permohonan pemohon dengan dalih, penetapan tersangka Burhanuddin oleh Kejaksaan Tinggi Sulselbar selaku termohon sudah memenuhi dua alat bukti cukup.

Dalil dalil permohonan praperadilan tersangka telah memasuki pokok perkara dan bukan ruang lingkup praperadilan. Dengan putusan hakim tersebut, artinya penetapan Burhanuddin sebagai tersangka dinyatakan sah. (gus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *