Pidum Kejari Kepulauan Sangihe Limpahkan Berkas Perkara 2 Tersangka Illegal Fishing ke Pengadilan Perikanan Bitung

Kasi Tindak Pidana Umum Kejaksaan Negeri Kepulauan Sangihe Selaku Penuntut Umum Arif Yuli Haryanto dan Filly L Wasida Kasi Datun Kejari Sangihe bersama beberapa staf melaksanakan pelimpahkan berkas perkara pencurian ikan ke Pengadilan Perikanan di Bitung, Sulawesi Utara pada hari Jum’at 19 Juli 2019.

Kedua tersangka saat ini ditempatkan di kantor Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelauatan dan Perikanan.

Kedua berkas tersangka yang dilimpahkan ke Pengadilan Perikanan Bitung adalah atas nama Rudy Delacruz, Nahkoda Kapal FB. Golden Boy dan Allan Gattoc Nahkoda Kapal FB. Girlan, kedua tersangka tersebut merupakan warga negara philipina. Para tersangka ditangkap pada hari Kamis 23 Mei 2019, dari hasil pemeriksaan FB. Golden Boy melakukan penangkapan ikan di wilayah perairan Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia (ZEEI) Laut Sulawesi, dengan menggunakan ABK (anak buah kapal) asing dan tidak memiliki Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) dan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI). sedangkan FB. Girlan dari hasil pemeriksaan ditemukan melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan alat Handline yang juga berada pada ZEEI Laut Sulawesi.

Para tersangka diduga melanggar pasal 92 Jo pasal 26 ayat (1) atau pasal 93 ayat (2) Jo pasal 27 ayat (2) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2004 tentang perikanan sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan Undang-undang RI Nomor 45 Tahun 2009 tentang perubahan atas Undang-undang RI Nomor 31 Tahun 2004 tentang perikanan.