Raja Mamuju Berikan Gelar Adat To Mampekarroang Katongangang Kepada Kajati Sulsel

oleh

Mamuju (Jaksamenyapa.com) – Kepala Kejasaan Tinggi (Kajati) Sulselbar, Dr Jan S Maringka kembali mendapatkan gelar kehormatan adat dari Kerajaan Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar).

Orang nomor satu di Kejati Sulselbar itu mendapat gelar To Mampekarroang Katongangan yang artinya “Orang yang menegakkan kebenaran”.

Gelar To Mampekarroang Katongangan diberikan langsung oleh Maradika/Raja Mamuju, Andi Maksum Dai kepada Jan S Maringka di Rumah Adat Kerajaan Mamuju, Jl KS Tubun, Kelurahan Rimuku, Kecamatan Mamuju, Sulbar, Senin (30/10/2017).

Maradika Mamuju, Andi Maksum Dai berharap, dengan pemberian gelar kehormatan adat tersebut, dapat menjadi motivasi bagi penegak hukum secara umum untuk selalu berpegang pada nilai-nilai kebenaran.

“Semoga ini menjadi sebuah motivasi dan melahirkan komiten yang kuat sekaligus menjadi teladan dalam hal penegakan hukum di Sulbar,” ujarnya.

Bupati Mamuju, H Habsi Wahid yang hadir dalam proses pemberiaan gelar kehormatan adat kerajaan Mamuju tersebut, menjelaskan pemberinaan gelar kehormatan adat kepada kajati Sulselbar merupakan hasil musyawarah perangkat adat kerajaan Mamuju atau yang disebut Gala’gar Pitu.

Mendapatkan anugerah gelar kehormatan tersebut, Jan S Maringka mengatakan bahwa hal tersebut adalah suatu kehormatan dan kebaggaan bagi keluarga besar Kejati Sulselbar.

“Ini merupakan suatu kehormatan yang tinggi bagi kami, khususnya keluarga besar Kejati Sulselbar, karena malam ini kami merasa benar-benar diterima mejadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat Mamuju,” ujarnya.

Sebelumnya, pada 15 Oktober 2017, Jan Maringka juga mendapat gelar Putu Lambeng. Gelar ini didapatkannya kala berkunjung ke Bulukumba, Minggu (15/10/2017).

Putu Lambeng sendiri memiliki arti sesuatu yang selalu bergerak naik. Karena Jan Maringka seorang pejabat, maka menurut Ammatoa, Putu Lambeng itu artinya pejabat yang karirnya selalu menanjak naik.

Selain gelar adat, Kajati Sulselbar Jan Maringka juga diangkat menjadi warga kehormatan Sulsel dari Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo saat peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-348 Sulsel, di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) Makassar, Kamis (19/10/2017). (gus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *