Wujudkan Revolusi Karakter Bangsa, Kajati Sulut Canangkan Poltekes Kemenkes Manado Sebagai Kampus Sadar Hukum

oleh

Kepala Kejaksaan Tinggi Sulut M. Roskanedi, SH melalui Asisten Intelijen J. Devy Sudarso, SH.CN selaku Ketua Panitia HBA ke-58 Tahun 2018 Kejati Sulut di dampingi Direktur Politeknik Kesehatan(Poltekkes) Kemenkes Manado Dra. Elisabeth Natalia Barung, M.Kes, Apt bersama jajaranya, mencanangkan Poltekkes Kemenkes Manado sebagai Kampus Sadar Hukum.

Pencanangan ini dilakukan oleh Asintel pada Program Jaksa Masuk Kampus Rabu (18/7/2018) di Aula Poltekkes Kemenkes Manado. Acara ini digelar masih merupakan rangkaian dari kegiatan menyambut Hari Bhakti Adhyaksa ke-58 Tahun 2018 yang jatuh pada tanggal 22 Juli 2018.

Dalam sambutan Kajati Sulut yang dibacakannya, Asintel mengatakan bahwa Program Jaksa Masuk Kampus tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak tugas dan fungsi Kejaksaan di bidang ketertiban dan ketentraman umum sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2004 Tentang Kejaksaan Republik Indonesia khususnya dalam ketentuan pasal 30 ayat (3) menyebutkan bahwa “di bidang ketertiban dan ketentraman umum, Kejaksaan turut menyelenggarakan kegiatan peningkatan kesadaran hukum masyarakat”.

Peningkatan kesadaran hukum masyarakat termasuk di dalamnya mahasiswa dan mahasiswi kami lakukan dengan melaksanakan Program Jaksa Masuk Kampus dan Pencanangan Kampus Sadar Hukum saat ini. Program ini merupakan wujud tanggung jawab Kejaksaan dalam menciptakan generasi muda yang taat hukum dan anti korupsi. Sikap taat hukum dan anti korupsi ini harus di tanamkan sejak muda, sejak usia sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA bahkan sampai Perguruan Tinggi, jelasnya.

Lebih lanjut Asintel menerangkan bahwa Program ini juga merupakan salah satu bentuk langkah strategis dalam mendukung terwujudnya Revolusi Karakter Bangsa sebagaimana tercantum dalam Agenda Pembangunan Nasional (NawaCita) Kedelapan yaitu melaksanakan “Revolusi Karakter Bangsa” Bidang Pendidikan Nasional yang didukung dan dilaksanakan melalui langkah strategis dan efektif. Sehingga Kegiatan Jaksa Masuk Kampus ini adalah merupakan agenda kegiatan Presiden Dan Wakil Presiden RI yang harus dilaksanakan sampai pada tahun 2019.

Mantan Kajari Tomohon tersebut juga menguraikan bahwa di Kota Manado sendiri telah banyak-sekolah-sekolah yang di kunjungi untuk melaksanakan penyuluhan hukum seperti ini baik di tingkat SMP maupun SMA dan Kantor-Kantor Pemerintah. Sedangkan untuk tingkat perguruan tinggi Poltekkes Kemenkes Manado mendapatkan kehormatan sebagai tempat perdana di Kota Manado bahkan Propinsi Sulawesi Utara yang di kunjungi Kejati Sulut sekaligus melaksanakan pencanangan Kampus Sadar Hukum.

Atas nama pimpinan Kejaksaan Tinggi Sulut saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setingi-tingginya kepada Direktur Poltekkes Kemenkes Manado Dra. Elisabeth Natalia Barung, M.Kes, Apt bersama jajaran yg telah mendukung dan memfasilitasi kegiatan ini dan kepada adik-adik mahasiswa yang telah menghadiri kegiatan ini serta saya mengucapkan terima kasih serta kepada semua pihak yang telah bekerja keras sampai terselenggaranya kegiatan ini.

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa menyertai kita dalam setiap langkah pengabdian terhadap nusa dan bangsa, pungkas Asintel.

Sementara itu, Direktur Poltekkes Kemenkes Manado Dra. Elisabeth Natalia Barung, M.Kes, Apt, mengatakan menyampaikan terima kasih kepada Kejati yang telah mempercayakan Poltekkes Manado untuk Pencanangan Kampus Sadar Hukum.

Elisabeth pun meminta seluruh Civitas Akademika mulai dari mahasiswa, pegawai, dosen, pengelola termasuk pramubakti dan cleaning service serta Satpam untuk mendukung Program tersebut.

“Melalui momentum pembinaan dan pencanangan Poltekkessebagai Kampus Sadar Hukum dari Kejati adalah saat yang tepat bagi kita untuk melakukan introspeksi diri dan melakukan evaluasi terhadap berbagai upaya menumbuhkan kesadaran hukum di lingkungan Poltekkes Manado dan mengimplementasikannya dalam setiap aspek kegiatan yang dilaksanakan” tegasnya.

Pencanangan Kampus Sadar Hukum Program Jaksa Masuk Kampus di Poltekkes Manado di tandai dengan pemukulan tetengkoran, pemasangan PIN dan penandatangan Komitmen Melaksanakan Kampus Sadar Hukum.

Seluruh kegiatan berlangsung dengan baik dan lancar. Dari pihak Poltekkesturut di hadiri Pembantu Direktur I, II dan III, Kasubbag Akademik dan Kemahasiswaan, Ketua Jurusan Keperawatan, Kebidanan, Keperawatan Gigi, Gizi, Kesehatan Lingkungan, Analisis Kesehatan dan Farmasi, Kaur dan Kanit di Lingkugan PoltekkesKemenkes Manado, serta 330 orang mahasiswa yang merupakan perwakilan Jurusan, Keperawatan, Kebidanan dan Keperawatan Gigi. Sedangkan dari Kejati Sulut turut di hadiri oleh Kepala Seksi Penerangan Hukum Yoni E. Mallaka, SH dan Kepala Seksi A pada Asintel La Haja, SH.

Sumber : Kejati Sulut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *