Jaksa Menyapa
Kejati Jatim

Kejati Jatim Gelar Apel Peringati HUT Persaja ke-73

Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur yang diwakili oleh Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur BASUKI SUKARDJONO, S.H., M.H, memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Jaksa Republik Indonesia (Persaja) ke-73 Tahun 2024, di halaman kantor Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Senin (6/5/2024). Dimana HUT Persaja tahun ini mengusung tema “Persaja siap Melaksanakan Transformasi Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas 2045″.

Dalam amanatnya, Jaksa Agung Republik Indonesia ST Burhanuddin yang dibacakan oleh Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur BASUKI SUKARDJONO, S.H., M.H, menyampaikan di usia yang semakin matang ini, Persaja telah menunjukan eksistensinya sebagai organisasi profesi yang giat mendukung penguatan profesi Jaksa dalam pelaksanaan tugas, fungsi dan tanggungjawabnya. HUT Persaja tahun ini seirama dengan tujuan institusi Kejaksaan untuk semakin mempertegas posisi Jaksa sebagai poros penegakan hukum baik dalam dimensi maupun lingkupnya.

Selain itu Transformasi Penegakan Hukum tidak akan berjalan jika tidak dimulai dari transformasi penegak hukumnya. Karena apa pun bentuk hukum yang akan ditegakkan baik buruknya, berhasil tidaknya tergantung keadaan dan kondisi penegak hukumnya,” ucap Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur BASUKI SUKARDJONO, S.H., M.H, saat membacakan amanat Jaksa Agung Republik Indonesia ST Burhanuddin.

Oleh karena itu keberadaan Persaja sangat strategis dalam mendukung terbentuknya Jaksa-Jaksa yang profesional, responsif, integritas, mumpuni dan andal sebagai pondasi utama menuju transformasi penegakan hukum yang kita cita-citakan.

“Saya ingatkan, pada era digital ini, sektor penegakan hukum khususnya penegak hukum tidak luput dari perhatian masyarakat. Masyarakat dengan mudah dan selalu untuk mengawasi dan memberikan penilaian kredibilitas kepada para penegak hukum khususnya Jaksa baik terkait pelaksanaan tugas dan tanggungjawab profesi maupun juga terkait pola hidup yang ditampilkan,” ujarnya.

“Untuk itu, saudara sekalian harus memperhatikan betul sebagai seorang Jaksa, saudara harus memiliki wibawa dan menjaga kehormatan Jaksa selama pelaksanaan tugas dan kewenangannya,” imbuh Wakajati.

Wakajati juga mengingatkan agar jajarannya menerapkan pola hidup sederhana di lingkungan masyarakat. baik secara langsung maupun dengan sarana digital, serta cermat dan bijak dalam setiap pelaksanaan tugas, fungsi dan tanggung jawab sebagai seorang jaksa.

Sumber : Kejati Jatim

Related posts

KONSULTASI HUKUM, DIHARAPKAN RSUD DR SOETOMO DAPAT BERIKAN PELAYANAN KESEHATAN PRIMA

Redaksi Jatim

PEMBUKAAN BIMBINGAN TEKNIS OPTIMALISASI BIDANG PEMBINAAN

Redaksi Jatim

Kejaksaan Agung Memeriksa 4 Orang Saksi Terkait Perkara PT. Waskita Karya (persero), Tbk.

Redaksi Jatim