Jaksa Menyapa
Berita Utama Headline Kejati Jatim

Kejati Jatim Gelar Khitanan Massal Sambut Hari Bhakti Adhyaksa ke-63

Surabaya, jaksamenyapa.com – Kejaksaan Tinggi Jawa Timur menggelar kegiatan bhakti sosial khitanan massal, Rabu (5/7/2023). Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Kejati Jatim ini merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-63 tanggal 22 juli 2023.

Khitanan massal ini diikuti 141 peserta dengan rentang usia balita sebanyak 17 anak dan usia 5 sampai 18 tahun sebanyak 124 orang yang berasal dari kota Surabaya, Pasuruan, Bangkalan, Mojokerto dan Sidoarjo.

Metode yang digunakan dalam khitanan masal ini yakni metode pembedahan laser karena cocok diterapkan pada anak-anak mengingat prosedur pelaksanaannya relatif cepat dan waktu penyembuhannya juga lebih cepat.

“Khitanan masal ini merupakan bentuk kepedulian sosial kepada masyarakat yang dapat menjalin tali silaturahim antara Kejaksaan Tinggi Jawa Timur dan masyarakat. Oleh karena itu pesertanya ada yang dari putra pegawai, honorer dan masyarakat umum,” ujar Kajati Jatim, Dr. Mia Amiati, SH, MH di sela acara khitanan masal.

Kegiatan khitanan massal ini tanpa dipungut biaya dan anak-anak yang menjadi peserta diberi hadiah berupa tas sekolah dan sepatu.Hadir dalam acara tersebut, selain Kajati Jatim, Dr. Mia Amiati, SH, MH, juga tampak hadir Wakajati, para asisten, koordinator dan Kabag TU.

“Sesuai dengan pedoman pelaksanaan peringatan HBA tahun 2023 bahwa peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Tahun 2023 dilaksanakan secara sederhana, mandiri dan khidmat dengan memadukan antara kegiatan sosial, kegiatan olahraga dan kegiatan ilmiah,” ujar Dr Mia Amiati.

Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 ini mengambil tema “Penegakan hukum yang tegas dan humanis mengawal pembangunan nasional” merupakan momen penting bagi Kejati Jatim sebagai aparat penegak hukum untuk menyampaikan kontribusinya dalam melayani masyarakat. Selain kegiatan Khitanan massal, berbagai kegiatan lain juga dilakukan oleh Kejati Jatim.

“Kami berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Kegiatan khitanan massal ini adalah salah satu bentuk nyata dari semangat Bhakti Adhyaksa dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat,” ujar Kajati Jatim Dr Mia Amiati.

Kegiatan khitanan massal ini mendapatkan apresiasi yang tinggi dari masyarakat. Para orang tua peserta mengungkapkan rasa terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada anak-anak mereka untuk menjalani sunat secara gratis. Mereka berharap semoga kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan di masa yang akan datang. (jm)

Related posts

SIARAN PERS Nomor: PR – 319/027/K.3/Kph.3/03/2023 Kepala Biro Umum: Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Sebagai Upaya Pencegahan pada Kejadian Henti Jantung Selasa 07 Maret 2023 bertempat di Aula Sasana Pradata Gedung Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, Kepala Biro Umum Kejaksaan Agung Yudi Indra Gunawan membuka dan memberikan sambutan dalam kegiatan pelatihan Bantuan Hidup Dasar Bagi Pegawai Kejaksaan Agung yang berlangsung pada 7-8 Maret 2023. Dalam sambutannya, Kepala Biro Umum menyampaikan pelatihan ini merupakan program perdana dari Klinik Utama Kejaksaan Agung di bawah Biro Umum, khususnya di dalam hal Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Pelatihan ini juga sebagai salah satu upaya pencegahan (preventif) pada kejadian kegawatdaruratan khususnya henti jantung. “Dengan melatih SDM khususnya pegawai di Kejaksaan Agung, diharapkan dapat memberikan pertolongan pertama dengan cepat agar pasukan oksigen tetap terjaga pada korban yang tidak sadarkan diri sebelum bantuan lanjutan datang,” ujar Kepala Biro Umum. Kepala Biro Umum menjelaskan pelatihan penanganan henti jantung ini penting untuk pegawai Kejaksaan Agung melihat dari adanya kasus henti jantung yang pernah terjadi di Kejaksaan Agung, yaitu 2 kasus pada Bidang Tindak Pidana Khusus dan Bidang Pembinaan pada 2022. Mengakhiri sambutannya, Kepala Biro Umum mengatakan pelatihan ini terselenggara berkat Kerjasama Bagian Kesehatan dan Pembinaan Rohani dan Royal Medik Nusantara. Untuk itu, Kepala Biro Umum menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Kepala Bagian Kesehatan dan Pembinaan Rohani dr. Roy Bozemantoro, M.H. dan Direktur Royal Medik Nusantara Ryan Budiyanto, beserta seluruh pihak yang telah memfasilitasi berlangsungnya pelatihan ini. (K.3.3.1) Jakarta, 07 Maret 2023 KEPALA PUSAT PENERANGAN HUKUM Dr. KETUT SUMEDANA Keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Andrie Wahyu Setiawan, S.H., S.Sos., M.H. / Kasubid Kehumasan Hp. 081272507936 Email: humas.puspenkum@kejaksaan.go.id

Redaksi Jatim

Jaksa Agung dan Menkeu Bahas Penanganan Kasus Dugaan Fraud LPEI

Redaksi Jatim

KEJATI JATIM TERIMA HASIL AUDIT KERUGIAN NEGARA BANK JATIM CABANG KEPANJEN DARI BPKP PERWAKILAN PROV JATIM

Redaksi Jatim