Jaksa Menyapa
Berita Kegiatan Kejati Jatim

KEJATI JATIM MENAHAN DUA TERSANGKA TINDAK PIDANA KORUPSI ANTARA PT. ASTRA SEDAYA FINANCE(ACC GROUP) SURABAYA I DENGAN BANK JATIM SYARIAH CABANG SIDOARJO

Bidang Tindak Pidana Khusus, Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. Melakukan penahanan kepada 2 tersangka tindak pidana korupsi antara PT. Astra Sedaya Finance (ACC Group) Surabaya I, dengan Bank Jatim syariah cabang sidoarjo. Rabu(05/1/2022).

Kedua Tersangka ditahan selama 20 hari kedepan di Rutan kelas I Kejaksaan Tinggi Jawa Timur dengan motif Pengajuan pembiayaan dengan menggunakan nama-nama karyawan PT. Astra Sedaya Finance Surabaya I kepada Bank Jatim syariah cabang sidoarjo.

Tersangka YK merupakan Finance and banking PT. Astra Sedaya Finance cabang Surabaya I yang telah pensiun pada tahun 2016 dan melanjutkan mengelola kantin PT. Astra Sedaya Finance cabang Surabaya I.

Dengan motif Pengajuan pembiayaan dengan menggunakan nama-nama karyawan PT Astra Sedaya Finance Surabaya I, tersangka YK mengumpulkan persyaratan-persyaratan para karyawan yang berupa copy KTP,KK,dan ID Card.

Dokumen yang digunakan sebagai persyaratan kelengkapan pembiayaan permohonan berupa slip gaji, termasuk dokumen sejenis rekening gaji dari bank Permata, surat pengangkatan sebagai karyawan, semuanya tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya/ terindikasi dipalsukan.

Tersangka AA yang merupakan Analis Pembiayaan Bank Jatim syariah cabang sidoarjo tidak mematuhi ketentuan tentang pemberian pembiayaan multiguna.

Tersangka AA tidak melakukan analisa mendalam terhadap permohonan pembiayaan Multiguna Syariah, tidak melakukan verifikasi baik identitas maupun kebenaran dokumen pendukung lainnya( penetapan sebagai pegawai, besaran gaji) dengan fakta sebenarnya, sehingga dalam proses analisa kredit tidak tidak menerapkan prinsip 5. Yang seharusnya pemohon /nasabah tidak layak untuk mendapatkan pembiayaan.

Atas perbuatan kedua tersangka, mengakibatkan kredit tersebut macet dengan outstanding per tanggal 31 Agustus 2021 sebesar Rp.25.573.332.149,00,- yang merugikan Bank Jatim syariah cabang sidoarjo.

Sumber : Kejati Jatim

Related posts

OPTIMALKAN INTELIJEN KEJAKSAAN DENGAN DIGITALISASI

Redaksi Jatim

KEJATI JATIM HADIRI UJI KLINIS FASE 1 VAKSIN MERAH PUTIH

Redaksi Jatim

KAJATI JATIM TERIMA PENGANUGERAHAN PWI JATIM AWARD

Redaksi Jatim