Jaksa Menyapa
Berita Kalbar

Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Eselon III Pada Kejati Kalbar

 

Pontianak – Pada hari Jumat 27 Oktober 2023, bertempat di Aula Lantai 4 Kejati Kalbar dilaksanakan Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan :
1. Saudara Lufti Akbar, S.H., M.H. sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Mempawah.
2. Saudara Adyantana Meru Herlambang, S.H.,M.H. sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Sekadau.
3. Saudari Hetty Cahyaningrum, S.H. sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Landak.
4. Saudara Daniel De Rozari, S.H.,M.H.LI. sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Sambas.
5. Saudara Arifin Arsyad, S.H.,M.H sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Bengkayang.
6. Saudara Dr. Samsuri, S.H.,M.H. sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Kapuas Hulu.
7. Saudara Juli Antoro Hutapea, S.H.,M.H. sebagai Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat.
8. Saudara Elvin Arjuna Candra, S.H.,M.H. sebagai Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat.
9. Saudara Corneles Geeb Paulus Heydemans, S.H. sebagai Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat.
Hadir pada acara tersebut Wakajati Kalbar Subeno,S.H.M.M., Para Asisten, Kabag TU dan Para Koordinator serta Pejabat Eselon IV pada Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat.
Dalam kata sambutannya, Kajati Kalbar Dr.Muhammad Yusuf,S.H.M.Hum., menyampaikan bahwa prosesi pengangkatan, penempatan, dan alih tugas pejabat di lingkungan Kejaksaan merupakan sebuah kebijakan organisasi yang senantiasa terus dilakukan secara berkelanjutan, seiring dengan proses perjalanan organisasi yang harus terus bergerak maju secara berkesinambungan, guna memenuhi tuntutan tugas yang semakin kompleks dan berkembang tiada henti.
Bahwa Pimpinan telah mengangkat saudara dalam jabatan baru melalui proses yang panjang dan kajian yang mendalam, serta pertimbangan matang mulai dari rekam jejak, assesmen sampai evaluasi kinerja, sebagai dasar menempatkan pegawai yang memiliki pengalaman, wawasan, dan kualitas yang memadai untuk ditugaskan pada posisi jabatan tertentu sesuai dengan kebutuhan organisasi, guna terwujudnya Kejaksaan yang profesional, modern, bermartabat dan terpercaya serta mencapai kinerja yang optimal, dengan memperhatikan prinsip “Orang yang tepat ditempat yang tepat”.
Untuk membangun Kejaksaan sebagaimana yang diharapkan, kepada saudara-saudara saya sampaikan beberapa pokok arahan yang harus segera dilaksanakan di tempat tugas yang baru, yaitu :
1. Identifikasi, pelajari, kuasai, dan selesaikan berbagai persoalan ditempat penugasan baru masing-masing, guna akselerasi pelaksanaan tugas;
2. Ciptakan suasana kerja yang menyenangkan dalam mengarahkan pelaksanaan tugas, guna menjaga keharmonisan, kekompakan, terutama dukungan dari jajaran kerja yang berada dibawah kepemimpinn saudara, agar tetap selaras dengan visi dan misi korps;
3. Curahkan kemampuan, pengetahuan, dan pengalaman untuk menghasilkan capaian kinerja yang optimal dan hasilnya dapat dirasakan manfaatnya secara konkrit bagi kemajuan Kejaksaan;
4. Wujudkan proses penegakan hukum yang adil, profesioanal dan bermanfaat yang dilaksanakan dengan senantiasa mengacu pada integritas luhur yang menjadi landas pijaknya;
5. Jaga integritas, jauhi penyimpangan, dan perbuatan tercela dalam melaksanakan tugas. Ingatlah selalu bahwa jabatan yang diemban merupakan amanah yang kelak saudara akan pertanggungjawabkan dihadapan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.
Saya tekankan kepada seluruh jajaran untuk memastikan tidak ada satupun jajaran kita yang menyalahgunakan jabatannya dan melakukan perbuatan tercela dalam setiap pelaksanaan tugas maupun ketika berada di tempat masyarakat.
Dalam rangka meningkatkan kinerja yang optimal dan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat di Wilayah Hukum Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat, saya mengajak seluruh pegawai Kejaksaan Se-Kalimantan Barat agar Ikhlas selalu menjunjung tinggi profesionalitas, integritas, dan disiplin dalam melaksanakan tugas serta memberikan contoh yang baik kepada masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Ingatlah tugasmu amatlah mulia dalam penegakan Hukum. Jangan kotori Institusi ini dengan perbuatan tercela yang dapat menurunkan Citra Adhyaksa.
Kajati Kalbar mengucapan terimakasih kepada pejabat lama atas pengabdian dan kerja ikhlas saudara yang telah membantu saya sebagai pimpinan selama bertugas di wilayah Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat, apalah artinya saya selaku pemimpin kalau tidak didukung oleh bapak-bapak sekalian lebih-lebih kekompakan dari seluruh satker didaerah, bawalah cerita yang baik-baik ke tempat tugas yang baru, kepada pejabat yang lama yaitu :
1. Saudara Didik Adyotomo, S.H.,M.H. beserta istri (Ketua IAD Daerah).
2. Saudara Zein Yusri Munggaran, S.H.,M.H. beserta istri (Ketua IAD Daerah).
3. Saudara Sukamto, S.H.,M.H. beserta istri (Ketua IAD Daerah).
4. Saudara Agita Tri Moertjahjanto, S.H.,M.H. beserta istri (Ketua IAD Daerah).
5. Saudara Tommy Adhiyaksahputra, S.H. beserta istri (Ketua IAD Daerah).
6. Saudara Arifin Arsyad, S.H.,M.H. beserta Istri.
7. Saudara Jimmy Didi Setiawan, S.H.,M.H. beserta Istri.
Diakhir sambutannya Kajati Kalbar mengucapkan selamat datang dan selamat bekerja kepada Pejabat yang baru dilantik agar segera mempelajari dan memperbaiki Satuan Kerja di Lingkungan saudara, hindari penyalahgunaan wewenang dan jabatan. Sumpah serta janji jabatan yang saudari ucapkan tadi, harus dilaksanakan dengan sungguh- sungguh, dan jangan sampai larut oleh intervensi dan keinginan pihak-pihak yan dapat mengganggu penegakan hukum yang sedang dan akan dilaksanakan oleh Kejaksaan.
Sebagaimana arahan Bapak Jaksa Agung RI Jika mengemban jabatan ibarat membangun rumah, agar seimbang bangunannya maka perlu takaran pondasi ideal yang terdiri dari kepemimpinan, kapabilitas, dan loyalitas. Dan untuk membuat pondasi tersebut menjadi kokoh, maka pertebal integritas dan kejujuran”.
Saya yakin dan percaya bahwa Bapak/Ibu adalah orang- orang yang terpilih dan mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan dengan sebaik-baiknya.

Sumber : Kejati Kalimantan Barat

Related posts

JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA KE-22 BAPAK H. BASRIEF ARIEF SH, MH MENINGGAL DUNIA

JAKSA MASUK KAMPUS UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK

KAJATI KALBAR MENGIKUTI PENYAMPAIAN PENILAIAN MANDIRI MENUJU WBK SECARA VIRTUAL