Jaksa Menyapa
Berita Kalbar

SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA

 

Hari lahir Pancasila jatuh pada tanggal 1 Juni yang ditandai oleh pidato yang dilakukan oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno pada 1 Juni 1945 dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan). Pidatonya pertama kali mengemukakan konsep awal Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia.
“Pancasila”. Panca artinya lima, sedangkan sila artinya prinsip atau asas. Pada saat itu Bung Karno menyebutkan lima dasar untuk negara Indonesia, yakni Sila pertama “Kebangsaan”, sila kedua “Internasionalisme atau Perikemanusiaan”, sila ketiga “Demokrasi”, sila keempat “Keadilan sosial”, dan sila kelima “Ketuhanan yang Maha Esa”.
Untuk menyempurnakan rumusan Pancasila dan membuat Undang-Undang Dasar yang berlandaskan kelima asas tersebut, maka Dokuritsu Junbi Cosakai membentuk sebuah panitia yang disebut sebagai panitia Sembilan. Berisi Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Abikoesno Tjokroseojoso, Agus Salim, Wahid Hasjim, Mohammad Yamin, Abdul Kahar Muzakir, Mr. AA Maramis, dan Achmad Soebardjo.
Setelah melalui beberapa proses persidangan, Pancasila akhirnya dapat disahkan pada Sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945. Pada siding tersebut, disetujui bahwa Pancasila dicantumkan dalam Mukadimah Undang-Undang Dasar 1945 sebagai dasar negara Indonesia yang sah. . Selamat Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni 1945 -2021. dengan nilai nilai yang terkandung didalamnya bangsa Indonesia akan mampu melewati masa Pandemi ini dan mampu memulihkan ekonomi Nasional bangsa ini dengan persatuan kesatuan tekad membangun negeri tercinta.

SEGENAP INSAN ADHYAKSA KEJATI KALBAR

MENGUCAPKAN :

SELAMAT MEMPERINGATI HARI LAHIR PANCASILA

1 JUNI 1945 – 1 JUNI 2021

” PANCASILA IDENTITAS NYATA BANGSA INDONESIA “

‘ TERUS BERGERAK DAN BERKARYA ‘

Sumber : Kejati Kalimantan Barat

Related posts

SELAMAT MERAYAKAN HARI PASKAH

Kajati Kalbar dan Ketua IAD Wilayah Kalbar, Berbagi Rezeki ” Jumat Berbagi” Dengan Anak-Anak Rumah Singgah Khatulistiwa Pontianak.

“TANGKAP BURONAN (TABUR)” Tindak Pidana Korupsi Pembangunan Jembatan Bawang CS Tahun Anggaran 2009 pada SNVT Pembangunan Jalan dan Jembatan Provinsi Kalbar