Jaksa Menyapa
Kejari Tomohon Kejati Sulut

KAJATI SULUT DIWAKILI ASPIDUM EKPOSE SATU PERKARA RJ DENGAN JAMPIDUM

Senin, (06/12/2021), Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara A. Dita Prawitanginsih, S.H., M.H., yang diwakili oleh Asisten Tindak Pidana Umum Jeffry Maukar, S.H., M.H, dan Kasi Oharda Cherdjariah, S.H., M.H melaksanakan ekspose perkara Restorative Justice (RJ) secara virtual dengan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Kejaksaan RI.

Perkara Restorative Justice tersebut berasal dari Cabang Kejaksaan Negeri Kotamobagu di Dumoga yaitu perkara Tindak Pidana Penganiayaan atas nama tersangka Refaldo Bonde Alias IFAL yang disangka melanggar sangkaan Pasal 351 Ayat (1) KUHP.

Dari Perkara Tindak Pidana Penganiayaan yang dilakukan ekspos tersebut, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Dr. Fadil Zumhana memberikan persetujuan untuk dilakukan Restorative Justice dan selanjutnya akan dilakukan penghentian penuntutan oleh Kejaksaan Negeri yang bersangkutan.

Bahwa perkara Tindak Pidana tersebut dapat ditutup demi hukum dan dihentikan penuntutan berdasarkan keadilan Restorative Justice oleh karena telah memenuhi syarat untuk dilakukan Restorative Justice.

Adapun Syarat dilakukan Restorative Justice terhadap perkara atas nama tersangka Refaldo Bonde Alias IFAL sebagai berikut :
1. Tersangka baru pertama kali melakukan tindak pidana.
2. Tindak pidana yang dilakukan tersangka diancam pidana penjara tidak lebih dari 5 (lima) tahun.
3. Kesepakatan Perdamaian antara Tersangka dan Korban Berbentuk Surat Perdamaian, disertai Pemenuhan Kewajiban.
4. Telah terjadi pemulihan kembali pada keadaan semula, yang dilakukan oleh tersangka dengan mengganti biaya yang ditimbulkan dari akibat tindak pidana.
5. Masyarakat Merespon Positif.

RJ ini diikuti secara virtual oleh Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Kotamobagu di Dumoga Edwin Tumundo, SH.MH beserta Jaksa Penuntut Umum Cabjari Dumoga.

Sumber : Kejari Tomohon

Related posts

ASBIN PIMPIN APEL KERJA KEJATI SULUT

Redaksi Sulut

TIM JPU KEJATI SULUT TERIMA TAHAP II PERKARA TP BEA DAN CUKAI DARI PENYIDIK DIRJEN BEA DAN CUKAI KANWIL SULUT

Redaksi Sulut

KAJATI SULUT JEMPUT WAPRES RI

Redaksi Sulut