Jaksa Menyapa
Berita Utama Kejaksaan Agung Kejari Jambi Kejati Jambi

Pembekalan Teknis Intelijen tentang Pengamanan Pembangunan Strategis terhadap Proyek Strategis Nasional (PSN) dan Proyek Strategis Daerah (PSD) secara virtual

Selasa, 21 November 2023 pukul 08.00 WIB, bertempat di Aula Intelijen Kejaksaan Negeri Jambi, Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Jambi, Wesli Sirait, SH.MH beserta Kasubsi Ekonomi dan Pengamanan Pembangunan Strategis Kejaksaan Negeri Jambi, Vinza Buananda Wijayanti, S.H mengikuti kegiatan Pembekalan Teknis Intelijen tentang Pengamanan Pembangunan Strategis terhadap Proyek Strategis Nasional (PSN) dan Proyek Strategis Daerah (PSD) secara virtual.

kegiatan tersebut dipimpin oleh Jaksa Agung Muda Intelijen Dr. Reda Manthovani, S.H., LL.M., dan di dampinggi oleh Direktur D Bid Intelijen, Katarina Endang Sarwestri SH.MH beserta Tim serta diikuti oleh Asisten Intelijen, para Kasi D, Jaksa bidang Intelijen pada Kejaksaan Tinggi dan Kasi Intelijen serta Jaksa bidang Intelijen pada Kejaksaan Negeri serta Kepala Cabang Kejaksaan Negeri seluruh Indonesia secara virtual.

dalam hal ini, Kasi Intelijen menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tugas pokok dan fungsi Direktorat Pengamanan Pembangunan Strategis bidang Intelijen

“Jaksa Agung Muda Intelijen melalui Direktorat Pengamanan Pembangunan Strategis mempunyai tugas pengamanan terhadap Pembangunan Nasional. Pelaksanaan pembangunan yang dilakukan oleh Kementerian/Lembaga Negara, Pemerintah Pusat/Daerah maupun BUMN/BUMD seringkali mengalami permasalahan, sehingga terdapat Ancaman Gangguan Hambatan dan Tantangan (“AGHT”) terhadap pelaksanaan pembangunan. Adapun AGHT yang dihadapi oleh jaksa pada Direktorat PPS antara lain:
– Permasalahan pengadaan barang/jasa.
– Permasalahan pengadaan tanah untuk kepentingan umum.
– Permasalahan dalam pengadaan baran/jasa serta pengadaan tanah untuk kepentingan umum menjadi salah satu AGHT, sehingga diperlukannya pemahaman yang komprehensif oleh para Jaksa pada bidang Intelijen khususnya dalam pengamanan pembangunan strategis di seluruh jajaran kejaksaan sehingga perlu diselenggarakan pengingkatan kapasitas jaksa pada bidang Intelijen melalui melalui Pembekalan Teknis PPS.” jelasnya

adapun pemateri pada kegiatan kali ini yaitu:
– Keynote speech Direktur D Bid Intelijen, Katarina Endang Sarwestri SH.MH, membahas terkait “Peran Pengamanan Pembanguan Strategis dalam Pembangunan Nasional”.
– Kepala LKPP Dr. Hendrar Prihadi, S.E.,M.M., materi terkait “Mekanisme pengadaan barang/jasa yang menggunakan APBN dan APBD”.
– JAMDATUN Feri Wibisono, S.H.M.H.,C.N., materi terkait “Pedoman pertimbangan hukum”.
– Direktur Jenderal Pengadaan Tanah dan Pengembangan pertanahan Ir. Embun Sari, M.Si., dan Deputi Hukum dan Penyelesaian Sanggah, Setya Budi Arijanta, S.H.,K.N materi terkait “Mekanisme pengadaan tanah untuk kepentingan umum dan pembebasan lahan”.

“adapun tujuan dari penyelenggaraan Pembekalan Teknis PPS ini untuk Memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai mekanisme pengadaan barang/jasa yang menggunakan APBN dan APBD, Memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai mekanisme pengadaan tanah untuk kepentingan umum, Memberikan pemahaman tentang pedoman pertimbangan hukum bidang Datun serta sinergi antara bidang Datun dan Intelijen serta Meningkatkan pemahaman mengenai penyelesaian atas permasalahan pengadaan barang/jasa dan pengadaan tanah untuk kepentingan umum.” pungkas Kasi Intel

Sumber : Kejari Jambi

Related posts

Kejati Jambi Dukung Usaha Sound System

Redaksi Jambi

Raih Predikat WTP 6 Kali Berturut-Turut, Jaksa Agung Berharap Kejaksaan Jadi Institusi yang Akuntabel di Mata Publik

Redaksi Jambi

Kejaksaan Negeri Jambi Mengikuti Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76

Redaksi Jambi