Jaksa Menyapa
Kejati Jambi

Plt. Kajati Jambi Ikut Setujui Penghentian Penuntutan Atas Kasus Penadahan

Rabu 27 Maret 2024 sekira pukul 07.30 Wib Plt. Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi Enen Saribanon didampingi oleh Aspidum Gloria Sinuhaji dan para Kasi bidang Pidum mengikuti Ekspose Penghentian Penuntutan berdasarkan Keadilan Restorative Justice secara virtual bersama Direktur Oharda pada Jampidum Kejagung dan jajaran Cabjari Nipah Panjang.

Pada ekspose tersebut tersangka an. Indra Lesmana als Uncung bin Ali Putra (Alm) yang melanggar pasal 480 Ke (1) KUHPidana tentang Penadahan disetujui penghentian penuntutannya oleh Jampidum Kejagung RI.

Adapun kasus posisi dimana tersangka didatangi oleh rekannya an. Wahyu dan Andri yang menceritakan kepada tersangka bahwa telah mengambil 1 (satu) unit TV milik saksi Burhani tanpa seizin pemiliknya. Kemudian kedua teman tersangka mengajak bersama-sama menjual TV hasil curian tersebut kepada saudara Riki, yang mana tersangka Indra mengaku bahwa TV tersebut adalah miliknya dan uangnya akan dipergunakan untuk membeli obat ibu tersangka yang sedang sakit. Atas dasar kemanusiaan saudara Riki menyetujui membeli TV tersebut senilai Rp. 500.000,-. Namun dari hasil penjualan tersebut tersangka meneti uang sebesar Rp. 100.000,- yang dipergunakan tersangka untuk membeli obat ibunya yang sedang sakit.

Atas dasar tersebut tersangka yang belum pernah melakukan tindak pidana, serta telah memenuhi persyaratan lainnya sesuai Perja Nomor 15 Tahun 2020 tentang Restorative Justice, maka tersangka an. Indra Lesmana als Uncung bin Ali Putra dihentikan Penuntutan perkaranya oleh Jaksa Agung Muda Pidana Umum Kejagun RI.

Sumber : Kejati Jambi

Related posts

Kejati Jambi gelar Jaksa Menyapa dengan tema Perlindungan Anak (Santri) Dalam Lingkungan Pesantren

Redaksi Jambi

Kajati Jambi Ikuti Kunjungan Kerja Virtual Jaksa Agung

Redaksi Jambi

Breaking News.! Tahanan Titipan Jaksa Meninggal Diduga Berkelahi di Sel Lapas Jambi, Begini Kronologisnya..

Redaksi Jambi