Jaksa Menyapa
Berita Utama Kejari Jambi Kejati Jambi

Jaksa Masuk Sekolah Kejari Jambi Antisipasi Perilaku Bully (Stop Bullying)

Rabu, 27 Maret 2024 pukul 09.00 WIB, bertempat di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 17 Kota Jambi. Bidang Intelijen Kejaksaan Negeri Jambi melaksanakan kegiatan Penyuluhan Hukum melalui Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) tahun 2024 dengan mengusung tema “Stop Bullying”.

Kegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS) turut dilaksanakan oleh Jaksa Fungsional pada bidang Intelijen Kejari Jambi, Winda Muharani, SH.MH, Staf bidang Intelijen Kejari Jambi Lorenza Oktapiani dan Melia Azhar Fauziah serta diikuti oleh Kepala Sekolah SMP N 17 Kota Jambi, Nurul Hikmawati dengan peserta berjumlah ± 50 (Lima Puluh) Siswa/Siswi.

Sebagai bagian dari upaya pencegahan dan penanggulangan perilaku bully di lingkungan sekolah, Kejaksaan Negeri Jambi mengambil inisiatif untuk mengunjungi SMP N 17 Kota Jambi. Kunjungan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang dampak buruk dari perilaku bully serta mempromosikan lingkungan sekolah yang aman dan ramah.

Dalam penyampaian materi, Winda Muharani, SH.MH selaku narasumber menyampaikan, “Perilaku bully bukan hanya merugikan korban, tetapi juga merusak lingkungan belajar yang seharusnya merupakan tempat yang aman dan nyaman bagi semua siswa. Sebagai generasi muda, kalian memiliki peran penting dalam menciptakan budaya sekolah yang inklusif dan bebas dari kekerasan.”

Selain memberikan pemahaman, kami juga memberikan wawasan hukum mengenai tindakan hukum yang dapat diambil bagi pelaku bully dan pihak sekolah yang gagal mengatasi masalah ini secara serius. “Kami siap memberikan bantuan dan dukungan hukum jika ada siswa yang menjadi korban bully dan membutuhkan perlindungan hukum,” tegasnya.

Kepala Sekolah SMP N 17 Kota Jambi, menyambut baik kunjungan ini dan menyatakan komitmen sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan bebas dari perilaku bully. “Kami berterima kasih atas dukungan Kejaksaan Negeri Jambi dalam upaya pencegahan bully di lingkungan sekolah kami. Kami akan terus mengedukasi siswa tentang nilai-nilai persahabatan, toleransi, dan penghargaan terhadap perbedaan,” ujarnya.

Dalam hal ini, Kepala Seksi Intelijen Wesli Sirait, S.H., M.H menjelaskan bahwa Kunjungan JMS ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi antara lembaga penegak hukum dan sekolah untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang positif, mendukung pertumbuhan siswa, dan mencegah berbagai bentuk perilaku negatif seperti bully. Semoga langkah-langkah seperti ini dapat memberikan dampak positif dalam menciptakan masyarakat yang lebih baik di masa depan.

“Program tersebut merupakan upaya inovasi dan komitemen Kejaksaan RI dalam meningkatkan kesadaran hukum kepada warga negara khususnya masyarakat yang statusnya sebagai pelajar. Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) ditujukan untuk siswa SD, SMP hingga SMA untuk memperkaya khasanah pengetahuan siswa terhadap hukum dan perundang-undangan serta menciptakan generasi baru taat hukum untuk tujuan KENALI HUKUM JAUHKAN HUKUMAN.” pungkasnya

Sumber : Kejari Jambi

Related posts

Kejaksaan Negeri Jambi Bidang Intelijen Mengikuti Pelatihan Mobile Jurnalism, Penulisan jurnalistik, Fotografi, Personal branding dan Media sosial

Redaksi Jambi

Pertemuan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Daerah Jambi Tahun 2021

Redaksi Jambi

Kajati Jambi Resmikan 128 Rumah RJ dan 2 Bale Rehabilitasi Napza

Redaksi Jambi