Jaksa Menyapa
Berita Berita Utama

Staf Khusus Ketua Komisi Kejaksaan, Lulus Cumlaude di FH UI

Sidang Promosi Doktor Ilmu Hukum Universitas Indonesia, dengan Promovendus Rudi Pradisetia Sudirdja, hari Jumat, 28 Juli 2023 di Kampus UI, Depok.

Bertindak sebagai external examiner yakni Dr. Barita Simanjuntak, S.H.,M.H.,CFrA yang juga adalah Ketua Komisi Kejaksaan RI memberikan sanggahan bahwa sejak dulu KUHAPnya sama, UU Kejaksaan dengan sedikit perubahan dua tahun terakhir,  namun mengapa di tangan Jaksa Agung RI yang berbeda kinerja Kejaksaan bahkan public trustnya sekarang tertinggi diantara lembaga penegak hukum lainnya? Diskresi seperti apa yg diterapkan Jaksa Agung sekarang saat ini?

Promovendus Rudi Pradisetia Sudirdja menjawab bahwa Figur keteladanan dan kepeminpinan yang konsisten serta implementasi penegakan hukum termasuk diskresi yang humanis berhati nurani dan berintegritas oleh JA Burhanuddin menjadikan penegakan hukum oleh Kejaksaan mendapat reaksi dan apresiasi positif dari internal dan eksternal termasuk public trust terhadap institusi Kejaksaan yang tinggi.

Jaksa Agung Burhanuddin juga berhasil menerjemahkan prinsip leniency policy menjadi konsep penuntutan yang berhati nurani dalam konteks Indonesia sebagai dasar jaksa dalam menerapkan diskresinya. Dengan demikian, pelaksanan tugas dan wewenang  jaksa tidak hanya berorientasi pada kepastian hukum (rechtmatigheid), melainkan juga kemanfaatan (doelmatigheid)  dalam rangka mewujudkan tujuan penuntutan (goals of prosecution) yakni keadilan.

Sebagaj penuntut umum tertinggi Negara, Jaksa Agung juga telah berhasil menetapkan dan mengendalikan kebijakan penegakan hukum dengan menerapkan politik penuntutan yang humanis untuk kasus kecil (trivial case), dan hukum yang tegas dan keras untuk kejahatan serius (serious crime) khususnya pengungkapan tindak pidana korupsi.

Rudi Pradisetia Sudirdja, merupakan Staf Khusus Ketua Komisi Kejaksaan RI, berhasil mempertahankan disertasi dengan judul: Diskresi Jaksa dalam Sistem Peradilan Pidana di Indonesia: Antara Kepentingan Hukum dan Kepentingan Umum dihadapan para penguji Fakultas Hukum Universitas Indonesia, dan lulus dengan predikat cumlaude

Sumber : Komisi Kejaksaan

Related posts

Ketua Komjak RI Kunjungi Kejati Babel Berikan ‘Wejangan Ampuh’

jaksamenyapa

TERKAIT RUMUSKAN UU KEJAKSAAN, JOKOWI APRESIASI KERJA KOMJAK

jaksamenyapa

Rapat Koordinasi Komisi Kejaksaan RI dengan Pengawasan Kejaksaan RI

jaksamenyapa