Jaksa Menyapa
Berita Utama Kejari Jambi Kejati Jambi

Kejari Jambi : Pemeriksaan Kesehatan dan Pemeriksaan IVA (IVA Test) guna deteksi dini Kanker Leher Rahim

Senin, 04 Maret 2024 pukul 09.30 WIB, bertempat di Aula Kejaksaan Negeri Jambi, Kejaksaan Negeri Jambi melaksanakan kegiatan Pemeriksaan Kesehatan dan Pemeriksaan IVA (IVA Test) guna deteksi dini Kanker Leher Rahim bersama UPTD Puskesmas Simpang IV Sipin, Kota Jambi.

 kegiatan tersebut turut diikuti oleh Kepala Kejaksaan Negeri Jambi, M.N. Ingratubun, SH.MH, Ketua IAD Daerah Jambi, Siska Noor serta Pengurus dan Anggota, Kepala Puskesmas Simpang IV sipin Dr.Tety Ariestianty, Kasi Pidsus Kejari Jambi, Soemarsono, SH.MH, Kasubagbin Kejari Jambi, Paini, SH serta Seluruh Pegawai Kejaksaan Negeri Jambi.

Kepala Kejaksaan Negeri Jambi menyampaikan bahwa Pemeriksaan kesehatan (check up) adalah salah satu upaya mendeteksi adanya kelainan pada tubuh. Mengecek kesehatan sebaiknya dilakukan secara rutin dengan tujuan guna melakukan pencegahan serta pengobatan lebih dini. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kecelakaan kerja yang disebabkan oleh riwayat penyakit yang diderita oleh tenaga kerja. ataupun gangguan-gangguan fisik dan mental yang tidak diketahui oleh pemilik perusahaan.

“untuk test kesehatan yang dilakukan di Kantor Kejaksaan Negeri Jambi, dilakukan pemeriksaan terkait dengan Tensi, Berat Badan, Tinggi Badan, Gula Darah dan Pemeriksaan Kadar Nikotin” ujarnya

Dikatakan lebih lanjut, Inspeksi Visual Asam Asetat biasa disebut dengab IVA merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan skrining dari pap smear karena biasanya murah, praktis, sangat mudah untuk dilaksanakan dan peralatan sederhana serta dapat dilaksanakan selain oleh dokter ginekologi. Pemeriksaan ini hanya ditujuan untuk para wanita.

Untuk diketahui, Hasil test IVA bisa dikatakan positif ketika ditemukan adanya warna putih (acetowhite) pada serviks setelah dioleskan dengan cairan asam asetat atau asam cuka. Kondisi ini bisa menandakan adanya pertumbuhan sel-sel prakanker. Hasil tes IVA ini menandakan kalau ada kelainan pada pertumbuhan sel di dalam serviks.

Sumber : Kejari Jambi

Related posts

Kejaksaan Negeri Jambi Bidang Intelijen Mengikuti Pelatihan Mobile Jurnalism, Penulisan jurnalistik, Fotografi, Personal branding dan Media sosial

Redaksi Jambi

Adu Strategi Sah Penetapan Tersangka Korupsi Bank Jambi

Redaksi Jambi

Bakti Sosial Kejaksaan RI Peduli dan Gebyar Bazar Adhyaksa 2023 Sebagai Wujud Rasa Peduli kepada Seluruh Warga Adhyaksa

Redaksi Jambi