Jaksa Menyapa
Berita Utama Kejaksaan Agung Kejari Jambi Kejati Jambi

Apel Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA)

Senin, 11 Desember 2023 pukul 07.30 WIB, bertempat di Halaman Kantor Kejaksaan Negeri Jambi, telah dilaksanakan kegiatan Apel Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA).

kegiatan apel tersebut dipimpin oleh Kepala Kejaksaan Negeri Jambi, M.N. Ingratubun, SH.MH selaku Inspektur Upacara dan diikuti, para Kepala Seksi, Kasubbag Pembinaan, serta Seluruh Pegawai pada Kejaksaan Negeri Jambi.

Kepala Kejaksaan Negeri Jambi menyampaikan beberapa kutipan amanat Jaksa Agung Republik Indonesia,  Apel pada pagi hari ini telah kita laksanakan dengan khidmat serta penuh dengan keseriusan. Saya menganggap hal tersebut sebagai suatu komitmen nyata adanya keinginan untuk melakukan kontemplasi, instropeksi, dan evaluasi, dalam ikhtiar yang tidak berkesudahan untuk menghadirkan pemberantasan korupsi yang dapat memenuhi ekspektasi dan harapan besar publik, yaitu terciptanya Indonesia yang bersih dan bebas dari korupsi. Sebagai pengingat bahwa tepat 20 (dua puluh) tahun lalu, Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan secara terang-terangan menyampaikan dihadapan 191 anggota Majelis Umum PBB bahwa praktik korupsi benar-benar melukai perasaan kaum miskin, serta korupsi telah menjadi batu sandungan dalam upaya mengurangi kemiskinan dan pembangunan di setiap negara. Pernyataan tersebut bukanlah sebuah isapan jempol, berdasarkan laporan Indonesian Corruption Watch (ICW) pada 2022 lalu total potensi kerugian keuangan negara akibat tindak pidana korupsi ada pada kisaran Rp42.747 triliun (empat puluh dua tujuh ratus empat puluh tujuh miliar).

“Fakta empiris tersebut membuktikan bahwa berbagai perkara tindak pidana korupsi di Indonesia telah membahayakan stabilitas pembangunan sosial, perekonomian negara, dan juga politik negara, dengan kata lain korupsi merupakan ancaman bagi bangsa dalam upaya mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Semoga situasi yang terjadi belakangan ini menjadi pengingat bagi seluruh insan Adhyaksa bahwa saya tidak pernah menoleransi setiap bentuk tindakan tercela maupun penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan. Saya ingin Kejaksaan hadir di masyarakat sebagai teladan serta figur yang memiliki konsistensi serta integritas yang mumpuni dalam proses pemberantasan korupsi. Sebelum mengakhiri sambutan pada hari ini, saya ingin menyampaikan kepada jajaran tindak pidana khusus untuk senantiasa menjaga moral serta integritas dalam pelaksanaan tugas. Saya perlu sampaikan bahwa moral dengan integritas adalah dua hal yang akan selalu berjalan secara linier, apabila seorang Jaksa memiliki moralitas yang baik, niscaya Jaksa tersebut akan memiliki keteguhan untuk menjaga integritasnya dalam pelaksanaan tugasnya.” ujarnya

dalam hal ini Kasi Intelijen menjelaskan bahwa Peringatan Hari Anti Korupsi kali ini kita mengusung tema “MAJU MEMBANGUN NEGERI, TANPA KORUPSI”. Tema tersebut memiliki filosofi mendalam sebagai pelecut bagi setiap elemen masyarakat serta aparat penegak hukum untuk senantiasa bahu membahu, bersinergi, dengan semangat serta daya juang yang sama dalam memerangi kejahatan rasuah di Indonesia.

“Selain itu, tema tersebut merupakan bentuk refleksi pola pikir serta pola tindak progresif dari setiap aparat penegak hukum khususnya jajaran tindak pidana khusus untuk terus menyempurnakan pelaksanaan tugas penanganan perkara tindak pidana korupsi di seluruh penjuru negeri demi kemajuan pembangunan di negeri ini.” pungkasnya

Sumber : Kejari Jambi

Related posts

Sosialisasi & Simulasi Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Adhyaksa Command Center Di Wilayah Kejaksaan Tinggi Jambi

Redaksi Jambi

Kajati Jambi Ikut Setujui Penghentian Penuntutan 5 Perkara Melaui RJ

Redaksi Jambi

Penyidik Kejati Jambi Periksa Empat Pegawai Diknas Provinsi

Redaksi Jambi